Are you sure to enter this website ?
Misteri Dunia

Suara Misterius Menyeramkan Di “Sisi Jauh” Bulan

Suara Misterius di bulan

Misteri Dunia

Dua bulan sebelum Neil Armstrong mendarat di Bulan pada tahun 1969, kru Apollo 8 pernah menjalankan misi untuk meninggalkan orbit bumi dan memasuki orbit bulan.

Di Orbit Bulan, tempat dimana suara apa pun seharusnya tidak terdengar, kru misi itu justru mendengarkan suara seram yang misterius.

Pada misi Apollo 8, para astronot memiliki tugas untuk melintasi Sisi Terjauh Bulan atau Sisi Gelap Bulan yang secara permanen tidak akan terlihat dari bumi. Kemudian tidak beberapa lama wahana angkasa itu kehilangan semua kontak radio dengan pusat misi di Bumi selama kurang lebih satu jam.

Mereka mengaku mendengar suara “musik” yang aneh dan tak dapat dijelaskan dari arah sisi gelap Bulan. Saat itu, para astronot tidak dapat menghubungi Bumi, dan para petugas di pusat kontrol NASA juga tidak bisa mendengarkan para astronot.

Sebuah rekaman yang dirilis NASA belum lama ini menujukkan rasa terkejut dan kebingungan pada para astronot saat mendengar suara-suara aneh itu. Suara itu terus terdengar selama satu jam.

“Kamu dengar itu? Suara siulan itu? Whooooooo!,” kata salah satu astronot.

“Kau tahu .. Suara ini seperti, musik luar angkasa,” balas astronot lainnya.

“Kalau begitu, ini adalah musik yang aneh,” kata seorang lagi.

“Ini tak bisa dipercaya,” kata salah satu astronot.

Karena bingung dan tidak memiliki penjelasan sama sekali dengan fenomena itu, para astronot-pun tak dapat memutuskan apakah akan melaporkan hal tersebut ke pusat misi NASA atau membiarkannya saja.

“Akankah kita memberitahukan pada mereka (Tim di bumi) soal ini?” tanya yang lain.

“Saya tidak tahu. Kita harus memikirkannya terlebih dahulu soal ini,” jawab satunya lagi.

Transkrip komunikasi Apollo 8 masuk dalam kategori rahasia dan tak pernah disentuh hingga delapan tahun lalu.

Sisi Terjauh Bulan
Sisi Terjauh Bulan

Suara semacam “musik” itu terdengar selama hampir satu jam sebelum para astronot kembali dapat berhubungan dengan pusat misi di Bumi, dan suara misterius yang didengar para astronot selama bertahun-tahun itu tak pernah terungkap.

Hingga tahun 1998, rekaman percakapan tiga astronot itu akhirnya didengarkan.

Kisah ini diangkat dalam sebuah film dokumenter Nasa’s Unexplain Files yang ditayangkan saluran televisi America’s Science. Film dokumenter ini membahas berbagai hal yang mungkin menyebabkan suara-suara aneh itu, termasuk kemungkinan adanya sebuah medan magnet atau gangguan gelombang radio di atmosfer.

Namun menurut para pakar yang diwawancarai dalam film dokumenter itu, Bulan tak memiliki medan magnet dan tak memiliki cukup atmosfer untuk menghasilkan suara. Kemudian, hingga saat ini suara misterius itu belum dapat dijelaskan.

 

Masih Terdengar Pada Misi Apollo 11

Astronot misi Apollo 11, Michael Collins, seperti dikutip BBC, mengatakan bahwa dia juga mendengar suara misterius saat di bulan.

Dalam bukunya berjudul Carrying the Fire: An Astronaut’s Journeys, dia mengatakan, suara itu mulai terdengar saat dua radio dinyalakan, dan berhenti ketika dia bersama Neil Armstrong dan Buzz Aldrin berhasil mendarat di Bulan.

Astronot Apollo 15, Al Worden, mengatakan bahwa memang banyak astronot dan kosmonot yang pergi ke antariksa mendengar atau melihat sesuatu yang tak dikenali oleh mereka.

“Saya sangat terbuka dengan apa yang mungkin terjadi. Ini masih bukti yang hanya perkataan orang, ini cuma rekaman video atau audio yang sulit dibuktikan. Mengoleksi adalah salah satu cara, tetapi untuk membuktikan itu caranya jauh berbeda,” ungkapnya dikutip Huffington Post.

Opini terkuat sampai hari ini tentang asal-usul suara tersbut adalah interferensi antara gelombang radio.

Namun, hal itu belum bisa dipastikan, apakah memang ada sesuatu yang bisa menghasilkan suara di bulan? Bisakah kita mendengarnya? Oleh karena itu, asal-usul suara itu pun hingga kini masih merupakan misteri.

 

Baca Juga: Ditemukan Bola Mata Raksasa Misterius di Pantai Pompano

error: Content is protected !!